Selasa, 30 Juli 2013

Tips Menghadapi Pulang Kampung Liburan Pakai Mobil Sendiri

Hari Raya Lebaran merupakan saat yang dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Setelah sebulan lamanya berpuasa, maka tibalah Hari Raya atau yang biasa disebut lebaran.

Dalam kamus bahasa Wikipedia : Lebaran Idul Fitri atau biasa disebut "Lebaran" saja dilaksanakan ketika hari raya Idul Fitri tiba, orang-orang Islam umumnya saling bersalam-salaman dan bermaaf-maafan dengan tetangganya, juga keluarga setelah menunaikan Salat Ied.

Idul Fitri identik dengan kata pulkam, artinya setiap hari lebaran akan tiba, maka ribuan orang akan bergegas untuk pulang kampung.

Untuk penduduk perkotaan seperti Jakarta yang biasanya ramai lalu lintas, maka di hari Idul Fitri kita akan menjumpai jalanan yang kembali ke kampung halamannya.

Banyak cara dilakukan untuk dapat kembali ke kampung halamannya. Ada yang memilih menggunakan transportasi umum seperti kereta api, bus, kapal laut ataupun pesawat terbang. Meskipun harganya bisa sangat mahal, namun tiket yang dijual selalu habis terjual sebelum hari H.

Beberapa keluarga yang memiliki kendaraan pribadi seperti mobil atau motor biasanya akan lebih happy menggunakan kendaraannya, dengan menggunakan kendaraan milik pribadi, mereka akan merasa lebih  dan leluasa. Dan nanti di kampung halamannya pun kendaraan tersebut dapat sangat bermanfaat sekali untuk keluarganya.

Beberapa hal yang harus di cek menggunakan mobil pribadi adalah sebagai berikut:

1. Service Kendaraan sebelum digunakan
Ketika anda memilih untuk menggunakan mobil pribadi hal yang perlu anda siapkan adalah service dulu kendaraan di bengkel resmi atau bengkel langganan Anda. Pastikan kondisi tekanan angin ban, air radiator, wiper, aki dan sistem kelistrikan dalam kondisi baik. Periksa juga oli mesin, power steering, minyak rem dan karet-karet mobil serta fan belt dalam keadaan bagus.

2. Siapkan minuman, makanan dan obat-obatan yang cukup
Seandainya perjalanan yang anda tempuh cukup jauh sediakan minuman, makanan dan obat-obatan secukupnya. Kalau minuman Anda habis di perjalanan, Anda dapat berhenti untuk membeli minuman di rest area atau warung di pinggir jalan. Ingat jangan beli makanan, pilih yang benar-benar aman untuk di konsumsi.

3. Siapkan surat-surat kendaraan
Jangan lupa membawa SIM dan STNK kendaraan, cek pajak STNK dan masa berlaku SIM anda, kalau sudah habis atau akan habis pajak dan masa berlakunya, segera urus sebelum Anda mudik lebaran.

Untuk membantu mengurus surat-surat kendaraan Anda seperti perpanjangan pajak STNK kendaraan, balik nama kendaraan, cabut berkas dan mutasi kendaraan, Anda dapat menggunakan Biro Jasa Mitra Samsat, informasi lebih lanjut dapat dilihat di web www.mitrasamsat.com atau menghubungi (021) 9058.0902 / 0817.0751.626.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar